pulsa-logo

Canggih! Ngobrol Pakai Google Duo Tidak Perlu Instal Aplikasi


Galing

Jum'at, 12 Januari 2018 • 17:08


Foto: PULSAFoto: PULSA

Baru-baru ini Google telah menggulirkan pembaruan tampilan daftar kontak pada aplikasi panggilan video andalannya bernama Google Duo. Menariknya, Anda sekarang dapat menghubungi teman Anda menggunakan aplikasi ini meski ponsel yang digunakan lawan bicara Anda belum menginstal Google Duo.

Lalu bagaimana mungkin hal ini bisa terjadi?

Tahun 2016 lalu, Google meluncurkan layanan baru berjuluk App Preview Messaging berbarengan dengan aplikasi pesan instan Allo. Layanan ini tersedia untuk sejumlah pengembang lewat program 'early-access preview' yang kemudian secara bertahap akan menyambangi seluruh pengembang aplikasi pesan instan. Sayangnya belum ada kepastian kapan para pengembang aplikasi pesan pihak ketiga semacam WhatsApp atau Line akan mendapatkan akses atas layanan ini.

Sebagai aplikasi yang dibuat oleh Google, wajar bila Allo dan Duo mendapatkan prioritas akses terhadap layanan ini. Buat Anda yang masih belum paham dengan cara kerjanya, implementasinya secara garis besar menyerupai fitur 'Instant Apps' yang mengizinkan pengguna untuk mencoba sebuah aplikasi tanpa harus menginstalnya di ponsel Android mereka.

Tidak perlu khawatir soal privasi, karena untuk mengaktifkan fitur ngobrol tanpa instal ini pihak penerima tentu harus mengaktifkan layanan 'App Preview Messaging' terlebih dulu. Ini artinya jika pengaturan layanan tersebut belum aktif pada ponsel Android teman Anda, panggilan lewat Google Duo yang coba Anda lakukan tidak akan mungkin diteruskan.

Untuk mengaktifkan layanan 'ngobrol tanpa instal' ini pastikan ponsel Anda telah mendukung fitur 'Instant Apps'. Untuk memeriksanya cukup masuk ke pengaturan Google Play dan Anda akan melihat menu 'Instant Apps' atau 'Aplikasi Instan' terpampang di sana. Langkah berikutnya silakan buka Google Settings pada ponsel. Lalu Anda akan melihat menu 'App Preview Messaging' atau 'Pesan Pratinjau Aplikasi'. Geser tombol ke kanan untuk mengaktifkan. Lanjutkan dengan memasukkan nomor ponsel yang aktif. Langkah berikutnya hampir sama dengan langkah yang perlu dilakukan untuk menghubungkan nomor ponsel dengan aplikasi WhatsApp.

Kemudian Anda akan melihat aplikasi yang terhubung menampilkan Google Allo. Sehingga bila ada pesan teks yang teman Anda kirimkan lewat Allo dan Anda belum menginstalnya, maka pesan tersebut tetap bisa Anda baca. Nah kembali ke Google Duo, Anda baru akan melihatnya berada di bawah menu 'aplikasi terhubung' manakala ada panggilan masuk Google Duo yang masuk ke ponsel Anda.


Dengan mengaktifkan layanan ini, Anda tetap dapat dihubungi lewat Google Duo oleh teman Anda meski aplikasi tersebut tidak Anda instal di ponsel. Hal ini tentu akan sangat membantu para pengguna Android yang memiliki ponsel dengan ruang memori internal terbatas. Meski tidak dapat dipakai untuk melakukan panggilan, namun setidaknya kemampuan untuk menerima panggilan ini tentu merupakan hal yang layak untuk mendapatkan acungan jempol. (Galing)

Sumber: AndroidPolice